Sepanjang Bantaran Sungai Palu-Sigi Bakal Dibangun Jalan Wisata

Jumat, Agustus 14th 2015. | Berita Lokal

Alur Sungai Palu. (Foto Google Maps)

Alur Sungai Palu. (Foto Google Maps)

Sigi, moriwana.com – Beberapa tahun ke depan, pemerintah pusat bakal membangun jalan wisata di Sulawesi Tengah. Jalur lintas daerah itu akan menyusur bantaran Sungai Sigi, Kabupaten Sigi menuju Sungai Palu, Kota Palu.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi V DPR-RI Ahmad H M. Ali saat reses di Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat, Sigi, Selasa (11/8/2015).

“Pembangunan jalan wisata lintas sungai ini menjadi impian saya untuk masyarakat Sulawesi Tengah. Di pusat, saya dan Pak Muhidin Said akan berjuang demi terealisasinya pembangunan proyek ini,” ujar Ahmad Ali.

Saat ini, Ahmad Ali masih terhitung 10 bulan duduk di DPR pusat.

“Setidaknya jalan wisata sungai Palu-Sigi sudah terwujud dalam lima tahun masa bhakti saya,” katanya.

Menurutnya, besar kemungkinan wacana tersebut bisa terwujud, menyusul adanya proyek normalisasi Sungai Palu di 2016. Sementara pengerjaannya bakal menghabiskan Rp150 milar dana APBN.

“Normalisasi Sungai Palu akan dimulai tahun depan dan dikerjakan dalam tiga tahap. Kuncuran dananya pun akan dibagi masing-masing Rp50 miliar per tahun,” ungkap Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah ini.

Ia menyebutkan, sebenarnya jalan wisata itu sudah bisa terwujud sejak dahulu. Hanya saja masih banyak pembangunan di Sulawesi Tengah dan daerah lainnya yang menjadi skala prioritas pemerintah pusat.

“Meski kami tidak punya hak eksekusi untuk keputusan pemerintah pusat, namun kami masih bisa memperjuangkan kebutuhan di daerah,” tandas Ahmad Ali.

Ahmad Ali tidak berjuang sendiri. Di komisi V juga ada Muhidn Said, politisi Partai Golkar dapil Sulawesi Tengah sudah tiga periode duduk di DPR-RI.

Sementara itu, sejumlah kepala desa yang hadir dalam kunjungan reses tersebut menyambut baik wacana yang dikemukakan Ahmad Ali. Tak hanya itu, Hafid Laturadja dan Yusuf Edison, dua anggota DPRD Kabupaten Sigi dari Fraksi NasDem juga mendukung impian sang ketua DPW.

Kepala Bappeda Sigi, Nurzain Djaelangkara berharap apa yang akan sudah diperjuangkan dua anggota DPR-RI tersebut bisa terwujud. Tidak hanya untuk kepentingan masyarakat Sigi dan Palu semata, namun jalan wisata itu akan menjadi icon baru Sulawesi Tengah.

“Semoga saja harapan kita bersama ini bisa terwujud di kemudian hari,” sebut Nurzain. (Ham)

Jumlah Pembaca :0

Sumber Artikel

Berita Terkait