Misteri Patung Naga Pamona di Lamusa

Senin, Agustus 10th 2015. | Sejarah

Dalam buku De Bare’e Sprekende Toradja (Orang Toraja yang berbahasa Bare’e) terdapat sepenggal informasi yang perlu ditelusuri oleh kita semua.

Informasi itu menyebutkan bahwa jauh sebelum To Lamusa berpindah tempat untuk bermukim di Korobono saat ini terdapat desa asal mereka yang bernama Tando Ngkasa (saat ini dikenal sebagai nama angin yang ditakuti di danau poso—angin tando ngkasa).

Patung Naga

Menurut kesaksian Albertus Christian Kruyt, didesa ini terdapat dua buah patung. Patung pertama adalah patung manusia yang memiliki kepala dan tangan—tidak ada di tempat lain di Pamona patung seperti ini dan kedua adalah Patung Naga—tidak ada juga ditempat lain di Pamona patung seperti ini.

Kesaksian ini sangat menarik karena beberapa hal:
Pertama, rasa rasanya kita to Pamona tidak memiliki skill/kemampuan untuk membuat patung manusia apalagi naga.

Kedua, darimana imajinasi pembuat patung ketika membuat patung naga di Tando Ngkasa (Lamusa) tersebut? Apakah berdasarkan penglihatan langsung atas “Naga Danau” yang ada dan hidup di Danau Poso??? ataukah patung itu dibuat oleh para migran yang berasal dari asia timur dan sedang meneruskan perjalanannya ke selatan?

Ketiga, apakah kalau kita melakukan ekspedisi ke Tando Ngkasa, masihkah kita akan menemukan Patung Ini?

Keempat, apakah ada hubungan antara Patung Naga ini dengan kepercayaan agama suku Pamona (molamoa)? Karena umumnya di dunia timur, naga adalah perlambang dari dunia bawah. Hanya saja penelusuran terhadap literatur Kruyt tidak menyebutkan kalau to Pamona sebelum memeluk agama Kristen menyembah Naga.

Jadi untuk apa Patung Naga itu dibuat dan diletakkan di desa Tando Ngkasa (Lamusa)????

Dinas Pariwisata Poso harus segera bergerak menemukan Patung ini dan menyelamatkannya sebagai warisan budaya dunia (heritage) karena dalam pemahaman saya, ini Patung pastinya sudah berusia ratusan bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu. Tabea

NB: diatas bukit Kandela (Tindoli) ada sebuah patung Buaya yang terbuat dari Batu. Ini juga harus ditemukan dan dilindungi

Kata Kunci :

cerita rakyat pamona poso (43),misteri danau poso (26),nag danau poso (2),naga angin (1),naga danau poso (1),Poso pamona cerita rakyat (1),
tags: , ,

Berita Terkait