Mesjid Al Abrar Pakowa Raih Juara Teladan Sulut

Sabtu, September 12th 2015. | Berita Lokal


Mesjid Al Abrar Pakowa Raih Juara Teladan Sulut

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Berita Terkait

Manado (antarasulteng.com) – Mesjid Al Abrar di Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wanea, Kota Manado berhasil meraih predikat juara pertama lomba mesjid teladan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2014-2015 dengan menyisihkan ratusan mesjid lainnya.

Kepala Kanwil kemenag Sulut, Suleman mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk lebih menumbuhkambangkan semangat jemaah dan masyarakat di setiap kelurahan untuk lebih memperhatikan keberadaan mesjid.

“Fungsi mesjid bukan hanya sekedar menjadi tempat shalat berjamaah, melainkan sebagai media pada setiap kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan”, kata Suleman pada saat menyerahkan tropi kepada peraih mesjid teladan tersebut, di Manado, Sabtu.

Dengan dilakukannya lombas mesjid, maka setiap umat, pengurus dan masyarakat akan lebih memperhatikan keberadaan mesjid, mulai dari tingkat kebersihan, kenyamanan beribadah, keamanan dan juga bentuk fisik yang menarik perhatian jamaah.

Selain kegiatan tersebut tentunya mesjid berfungsi sebagai sarana pendidikan, seperti adanya taman-taman pengajian, majelis talim, kegiatan dawah, kegiatan remaja mesjid dan hal-hal yang baik yang ditumbulkan dari hadirnya mesjid tersebut.

“Ada mesjid di salah satu daerah yang fungsinya hanya pada kegiatan shalat saja, sehingga pintu dan jendelanya ditutup usai shalat subuh dan akan membuka kembali pada saat akan shalat dzuhur, seharusnya ada kegiatan ekstra seperti taman bacaan dan pendidikan”, kata Suleman.

Sementara itu, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Binmas) Kemenag Sulut, Awin Kiay Demak menjelaskan beberapa kriteria penilain mesjid teladan meliputi bidang idarah, imarah dan riayah.

Ketiga bidang tersebut sangat penting, seperti pengelolaan keuangan dan administrasi kemesjidan, struktur organisasi mesjid, kegiatan ibadah, kegiatan ceramah, kegiatan bulan Ramadhan serta kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Semua itu dinilai oleh tim yang bekerja sejak tahun 2014 lalu dan hasilnya adalah mesjid Al Abrakak, Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wenang, manado yang keluar sebagai pemenangnya”, kata Aswin.

Juara dua dimenangkan Mesjid ikhlas Beramal di Kabupaten Kepulauan Sangihe, juara tiga Mesjid Nurul Yaqin, Kabupaten Minahasa.

Sedangkan juara keempat, lima dan enam diraih oleh Mesjid Al Muminun Kabupaten Minahasa Selatan, Mesjid An Nur, Kota Bitung dan Mesjid Diponegoro, Kabupaten Minahasa Utara.

“Semua pemenang selain mendapatkan tropi dari Kementerian Agama Sulut, juga memperoleh hadiah lainnya untuk terus menggelorakan keberadaan mesjid”, ujar Aswin Kiay Demak.

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © 2015

Sumber Artikel

Berita Terkait