Kemarau Masih Landa Sejumlah Wilayah Sulteng

Senin, Agustus 17th 2015. | Berita Lokal


Kemarau Masih Landa Sejumlah Wilayah Sulteng

Sawah mengalami kekeringan (antaranews)

Tapi tidak separah yang terjadi di beberapa daerah di Tanah Air

Berita Terkait

Palu,  (antarasulteng.com) – Badan meteorologi, klimatologi, dan Geofisika memperkirakan musim kemarau masih melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah.

“Tapi tidak separah yang terjadi di beberapa daerah di Tanah Air,” kata Afan Nugraha, prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Minggu.

Ia mengatakan meski kemarau, tetapi peluang terjadinya hujan ringan hingga lebat cukup besar di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Sigi, Donggala dan Kota Palu.

Begitu pula di beberapa daerah lain di Sulteng seperti Tolitoli dan Buol. Sulteng juga termasuk daerah di Pulau Sulawesi yang dilanda kemarau.

“Hanya saja tetap masih ada hujan,” kata dia.

Akibat kemarau debit air sungai di beberapa daerah di Kabupaten Sigi dan Kota Palu dalam beberapa hari ini semakin berkurang.

Misalkan Sungai Palu yang membela Kecamatan Palu Barat dan Palu Selatan debit airnya semakin berkurang.

Begitu pula air Sungai Gumbasa di Kabupaten Sigi.

Meski debit air berkurang, namun belum mengganggu pasokan air irigasi ke sawah-sawah penduduk masih tetap lancar.

Sementara Ny Ani, seorang ibu rumah tangga di kelurahan Besusu mengatakan sumur gali di rumahnya kini airnya semakin berkurang.

“Ini dampak dari musim kemarau,” kata dia.

Padahal, permukiman berdekatan dengan Sungai Palu.

Ia berharap musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Tanah Air telah menyebabkan banyak petani gagal panen dan kekurangan air bersih segera berakhir.

“Jika tidak, dikhawatirkan petani semakin merugi dan banyak warga akan mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih,” katanya.
  

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © 2015

Sumber Artikel

Berita Terkait