Gubernur Ajak Kerja Keras Hadapi Perlambatan Ekonomi

Senin, Agustus 31st 2015. | Berita Lokal


Gubernur Ajak Kerja Keras Hadapi Perlambatan Ekonomi

DR. Sinyo Harry Sarundajang (antaranews)

Perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini, harus dibarengi dengan kerja keras karena tidak ada cara lain

Berita Terkait

Manado (antarasulteng.com) Gubernur Sulawesi Utara  Dr Sinyo H Sarundajang mengajak semua elemen masyarakat terus kerja keras dalam menghadapi perlambatan ekonomi saat ini.

“Perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini, harus dibarengi dengan kerja keras karena tidak ada cara lain,” kata sinyo di Manado, Senin.

Sinyo mengatakan kendati perlambatan ekonomi tidak secara langsung berdampak cukup besar di Sulut, namun tetap harus diwaspadai dengan meningkatkan etos kerja masing-masing.

“Jika semua elemen masyarakat meningkatkan kinerja, bekerja secara baik maka pelemahan ekonomi secara global tidak akan terasa di Sulut,” jelasnya.

Dia mengatakan pembangunan infrastruktur baik jalan, pusat perdagangan, maupun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan terus didorong oleh pemerintah daerah karena mampu meningkatkan perekonomian.

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Provinsi Sulut Dr Joubert Maramis mengatakan proyek infrastruktur di Sulut harus segera jalan karena akan mampu tingkatkan perekonomian.

“Memang diakui tahun ini agak sedikit melambat akibat penyerapan anggaran yang masih rendah,” jelasnya.

Dia menjelaskan penyerapan anggaran yang rendah berarti banyak proyek yang belum terealisasi, ini berarti uang masuk ke perekonomian nasional dan daerah menjadi sedikit.

“Kita tahu bahwa perekonomian Indonesia dikerahkan oleh government spending disamping foreign direct investment dan domestic investment. Namun peranan pengeluaran pemerintah untuk memicu pertumbuhan ekonomi masih besar pengaruhnya,” jelasnya.

Jadi, katanya, jika pengeluaran pemerintah kecil dan kontribusi pengeluaran pemerintah ini besar dalan perekonomian maka logikanya pertumbuhan ekonomi akan terhambat.

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © 2015

Sumber Artikel

Berita Terkait